Foto: tempo

Ridwan Kamil Ramai Dibicarakan di Media Sosial: dari Bandung, Populer se-Indonesia

👤Oleh Tim Redaksi Nabawia 🕔24/09/2013 16:36:57

Tanggal 16 September 2013, Ridwan Kamil resmi dilantik sebagai Walikota Terpilih Kota Bandung periode 2013- 2018. Berkat keaktifannya menyapa publik di social media, program-program kerja Ridwan Kamil pun mendapat tanggapan positif dari pengguna social media. Maka tak heran, tingkat pembicaraan Ridwan Kamil di social media terbilang cukup tinggi.

Dari total mentions di social media, pria kelahiran Bandung, 4 Oktober 1971, ini lebih banyak diperbincangkan di Twitter dibandingkan di facebook.

Dalam rentang waktu seminggu semenjak dilantik, Awesometrics merekam mentions mengenai Ridwan Kamil di Twitter tak kurang dari 63.580 sementara di Facebook percakapan mengenai Walikota Terpilih Kota Bandung tersebut mencapai 1.502 (data terakhir diambil pada tanggal 23 September 2013 pukul 17.48 WIB). 

Grafik perkembangan mentions mengenai Ridwan Kamil di Twitter selama sepekan:

Grafik pergerakan mentions mengenai Ridwan Kamil selama seminggu di Facebook:

Puncak percakapan (peak mentions) baik di Twitter maupun di Facebook terjadi pada tanggal yang sama yakni 20 September 2013, di saat Ridwan Kamil menggelar program “Angkot Day”.
Program “Angkot Day” adalah gagasan Ridwan Kamil untuk mengajak masyarakat kembali menggunakan di angkot untuk beraktifitas di Kota Bandung,

Grafik perbandingan mentions mengenai Ridwan Kamil selama seminggu di social media:
 
Topik (Tweet) Paling Menarik 
 
Berdasarkan pemantauan Awesometrics, topik atau tweet yang paling banyak di retweet selama seminggu belakangan ini terbagi dalam lima kategori. Dari 5 kategori topik yang menyebutkan Ridwan Kamil, 4 diantaranya berasal dari akun @infobdg. Satu topik adalah tweet dari akun Ridwan Kamil yang memberi dukungan ke tim Persib, dan di-RT hingga 250 kali.

Berikut ini bar-chart nya:
Tweet yang paling banyak di retweet merupakan ucapan selamat dari akun @infobdg atas pelantikan Walikota Terpilih Kota Bandung, Ridwan Kamil, yang disebarkan pada 16 September 2013, pk 09.35 WIB, dan di-RT 351 kali. Hampir seluruh retweet ini dilakukan pada hari pelantikan Ridwan Kamil. Hal ini diasumsikan sebagai bentuk euphoria pengguna Twitter terutama warga Bandung, dalam menyambut pelantikan suami dari Atalia Praratya tersebut. 
 

Ratusan retweet tersebut (di atas) menunjukan tendensi pengguna twitter terhadap pelantikan walikota terpilih sekaligus mengindikasikan, bagaimana masyarakat mengantisipasi programprogram kerja yang dilakukan oleh Ridwan Kamil. Hal ini bisa dilihat dari topik kategori kedua yang di retweet paling banyak oleh pengguna twitter selama sepekan terakhir, yaitu program “Angkot Day”.

Topik kategori kedua yang banyak diretweet adalah program Angkot Day yang digagas oleh Ridwan Kamil pada Hari Jumat lalu, 20 September 2013. Akun @infobdg kembali menjadi influencer yang paling banyak di retweet oleh di twitterland. Tweet “Wah pak @ridwankamil jadi sopir Kalapa -Dago Hari ini di #angkotDay2013 http://t.co/2E2m981vcl” yang diposting pada jam 08.13 oleh @infobdg di retweet sebanyak 317 kali. Aksi ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat, di jejaring sosial terutama di Twitter. Gagasan Ridwan Kamil untuk mengajak masyarakat kembali menggunakan di angkot untuk beraktifitas di Kota Bandung, disambut positif oleh masyarakat.
 
Selama seminggu belakangan ini total impact yang diperoleh oleh Ridwan Kamil, mencapai 
123.109.533. Impact disini melihat sejauh mana tweet-tweet mengenai Ridwan Kamil dibaca oleh followers dari influencer di Twitter. Dengan kata lain, semua mentions mengenai Ridwal Kamil yang di-tweet oleh influencer diasumsikan mencapai atau disimak oleh 123.109.533 pengguna Twitter.
 
 
Awesometrics menangkap bahwa influencer yang paling banyak mempercakapkan Ridwan Kamil adalah akun @fadjroel (sebanyak 57 engagement), berikutnya @infobandung (sebanyak 35 engagement), @infobdg (sebanyak 30 engagement), disusul kemudian oleh @detikcom (sebanyak 10 engagement) dan diakhiri oleh @kompascom (sebanyak 4 engagement). Meskipun @fadjroel merupakan akun yang paling banyak menyebutkan mengenai Ridwan Kamil, namun impact yang dihasilkan oleh akun ini tidak sebesar akun @detikcom. Hal ini dikarenakan potential reach dari influencer detikcom jauh lebih banyak dibandingkan @fadjroel, walau jumlah engagement yang berhasil dilakukan oleh @detikcom hanya sebesar 10. 
 
Dibicarakan Hingga ke Berbagai Pelosok Negeri Jumlah impact yang mencapai 123.109.533 pengguna twitter memunculkan asumsi bahwa Ridwan Kamil menjadi populer hingga keluar kawasan Bandung. Asumsi ini didukung oleh demografi pengguna Twitter -yang menyebutkan Walikota Bandung tersebut- tersebar dari Sabang sampai Merauke dengan intensitas yang berbeda-beda. Demografi penyebaran pengguna Twitter yang memention Ridwan Kamil mengindikasikan bahwa pria jebolan Teknik Arsitek Institut Teknologi Bandung ini sudah populer di Indonesia. Maka, kegiatan dan program-programnya tidak hanya dipantau oleh masyarakat Bandung dan sekitarnya, namun juga di berbagai pelosok negeri.
 
Dan, adalah hal biasa jika suatu program kerja juga mendapatkan respon negatif. Tak ubahnya pembicaraan soal Gubernur DKI Jakarta - Jokowi, pembicaraan soal Ridwan Kamil pun ada yang bersentimen negatif, seperti yang kerap ditweet akun @WJB_
 
 
 
 
 
 
 
 
 
(pm)
 
 
 
 
 

Lainnya

Anak Yatim ini Harus Kerja Keras Demi Berlebaran

Salah satu warga Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, Indra Lesmana (14), adalah anak yatim yang ..

Kemacetan di Cicalengka-Nagreg Sudah Terurai

Kemacetan di jalur selatan Jawa Barat di kawasan Jalan Raya Cicalengka-Nagreg akhirnya dapat terurai hingga ..

Alhamdulillah, Jembatan Cibaruyan Ciamis Sudah Bisa dilewati Pemudik

Jembatan Cibaruyan di daerah Ciamis, Jawa Barat, sudah bisa dilewati oleh para pemudik setelah dipasangi ..

Larso Marbun Akan Evaluasi Perihal Aturan Seragam Baru di Sekolah

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Lasro Marbun, akan mengevaluasi kembali perihal aturan penggunaan seragam khas ..

Ini Tanggapan Ahok Soal Penghapusan Seragam Muslim di Sekolah

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama 'Ahok' membantah dirinya telah membuat kebijakan tentang penghapusan ..

Antrean Panjang Pemudik Sepeda Motor di Pelabuhan Merak

Pemudik bersepeda motor pada Sabtu atau dua hari jelang (H-2) Idul Fitri 1435 Hijriyah mengantre ..

Prabowo: Kita Rayakan Idul Fitri dengan Baik dan Damai

Pasangan capres-cawapres dari koalisi Merah Putih, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, resmi mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi ..

Selengkapnya

Komentar

Ridwan Kamil Ramai Dibicarakan di Media Sosial: dari Bandung, Populer se-Indonesia