Foto: ensiklopebanten

Inilah Harta Kekayaan Ratu Atut

👤Oleh Tim Redaksi Nabawia 🕔04/10/2013 15:55:23

Sosok yang menjadi buah bibir publik tidak hanya nama Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar, melainkan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah mulai menjadi sorotan, setelah adiknya Tubagus Chaeri Wardana (Wawan) diduga menyuap Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar.

Berapa harta kekayaan Ratu Atut yang sudah dilaporkan ke KPK? Ditelusuri  melalui laman acch.kpk.go.id Jumat (4/10/2013), kekayaan Ratu Atut hampir mencapai 42 miliar, yakni  Rp41.937.757.809.

Atut melaporkan Harta kekayaannya itu pada 6 Oktober 2006 saat menjadi Gubernur Banten periode 2007-2012.
Harta tersebut meliputi harta bergerak dan tidak bergerak. Harta bergerak Ratu Atut seperti mobil dan motor senilai Rp3,93 miliar, sementara harta  bergerak lainnya yakni logam mulia dan batu mulia senilai Rp8,22 miliar dan surat berharga Rp7,85 miliar dan giro Rp2,77 miliar.

Sementara harta Ratu Atut yang tidak bergerak mencapai Rp19.160.418.750 berupa tanah dan bangunan yang tersebar di beberapa daerah seperti Bandung, Cirebon, Serang dan Jakarta.

Pada tanggal 1 Oktober 2002 mencapai Rp30,63 miliar, artinya kekayaan orang nomor satu di Banten ini meningkat 11 miliar.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencegah Ratu Atut ke luar negeri, melalui Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Pencegahan itu terkait kasus dugaan suap Pilkada Lebak, Banten.

"Tadi sore KPK mengirimkan surat cegah terkait perkara Pilkada Lebak Ratu Atut Chosiyah," kata Juru Bicara KPK Johan Budi SP, di kantor KPK, Jakarta, Jumat (4/10/2013) dini hari.

Menurut Johan, Ratu Atut dicegah untuk enam bulan ke depan. Pencegahan itu bertujuan, memudahkan KPK untuk melakukan pemeriksaan terhadap Ratu Atut. Jika sewaktu-waktu penyidik akan memeriksa yang bersangkutan dipastikan tetap berada di dalam negeri. (pm/sindo)

Lainnya

Anak Yatim ini Harus Kerja Keras Demi Berlebaran

Salah satu warga Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, Indra Lesmana (14), adalah anak yatim yang ..

Kemacetan di Cicalengka-Nagreg Sudah Terurai

Kemacetan di jalur selatan Jawa Barat di kawasan Jalan Raya Cicalengka-Nagreg akhirnya dapat terurai hingga ..

Alhamdulillah, Jembatan Cibaruyan Ciamis Sudah Bisa dilewati Pemudik

Jembatan Cibaruyan di daerah Ciamis, Jawa Barat, sudah bisa dilewati oleh para pemudik setelah dipasangi ..

Larso Marbun Akan Evaluasi Perihal Aturan Seragam Baru di Sekolah

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Lasro Marbun, akan mengevaluasi kembali perihal aturan penggunaan seragam khas ..

Ini Tanggapan Ahok Soal Penghapusan Seragam Muslim di Sekolah

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama 'Ahok' membantah dirinya telah membuat kebijakan tentang penghapusan ..

Antrean Panjang Pemudik Sepeda Motor di Pelabuhan Merak

Pemudik bersepeda motor pada Sabtu atau dua hari jelang (H-2) Idul Fitri 1435 Hijriyah mengantre ..

Prabowo: Kita Rayakan Idul Fitri dengan Baik dan Damai

Pasangan capres-cawapres dari koalisi Merah Putih, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, resmi mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi ..

Selengkapnya

Komentar

Inilah Harta Kekayaan Ratu Atut