Foto: puzman

Tiga Cara Sehat Makan Mie Instan

👤Oleh Tim Redaksi Nabawia 🕔11/10/2013 05:05:03

Mie instan. Siapa tidak doyan? Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Dari kampung sampai ke kota. Tapi seperti kita dengar akan beberapa hal tentang seringnya bahaya makan mie instan, berikut ada beberapa tips mudah yang bisa Anda ikuti.

1.Beri jangka waktu

Jika Anda memang tidak bisa lepas dari konsumsi mie instan, sebaiknya jangan setiap hari memakannya. Setelah makan mie instan, beri jangka waktu sekitar 3 hari bila ingin memakannya lagi.
Hal ini bertujuan untuk memberi waktu bagi tubuh agar bisa mencerna lilin (pelapis mie) sampai benar-benar habis dan tidak menumpuk di tubuh. Penumpukkan lilin sangat berbahaya bagi tubuh.
Lebih baik menjaga kesehatan daripada nikmat sesaat. Kita masih bisa mengkonsumsi mie dengan intensitas yang tidak sering. Seperti dengan mengkonsumsi mie instan dengan jarak tiga hari sekali juga termasuk langkah awal yang bagus menuju hidup sehat. Ingat bahaya makan mie instan selalu mengawasi kita.

2. Tiriskan dan bilas

Saat memasak mie instan, Anda tentu merebus mie terlebih dahulu dengan air mendidih. Setelah mie instan yang anda masak tersebut telah matang jangan langsung mengkonsumsinya. Bahaya makan mie instan yang ada kandungan lilinnya selalu mengancam anda. Jadi tiriskan dulu mie yang telah matang tersebut.

Untuk mie instan goreng, setelah mie masak, tiriskan lalu bilas lagi dengan air bersih yang tentunya sudah matang.

Untuk mie instan kuah, setelah mie matang, jangan langsung dibubuhi bumbu mie instan. Tiriskan dahulu mie-nya, lalu buang air sisa perebusan mie. Untuk kuah, Anda bisa memakai air panas yang baru.

Perlakuan ini untuk meminimalisir masuknya zat lilin ke dalam tubuh. Saat mie direbus, lilin bisa lepas dari mie dan menyatu dengan air rebusan. Itulah sebabnya, sebaiknya jangan mengkonsumsi air rebusan mie.

Selain itu, ada sebagian orang yang lebih suka memakan mie instan dengan kondisi yang masih kriuk-kriuk. Ini juga perlu berhati-hati karena bahaya makan mie instan lebih besar dibanding yang makan matang. Disarankan untuk memasaknya dalam bentung matang dan bukan setengah matang.

Kinerja organ pencernaan akan lebih berat jika kita mengkonsumsi mie instan dalam kondisi setengah matang. Bahkan bagi sebagian orang yang memang kondisi organ pencernaannya kurang baik akan terasa mules dan sering buang air besar jika memakan mie instan dalam kondisi setengah matang.

3. Jangan mencampur bumbu ketika masak

Memasak mie instan memang menyenangkan. Apalagi ketika mie instan sudah matang. Namun perlu sedikit diketahui bahwa ketika memasak mie instan jangan mencampurkan bumbu yang ada pad instan dalam kondisi memasak.

Pada bumbu mie instan juga terdapat kandungan berbahaya yang akan semakin aktif ketika dimasak dalam suhu yang tinggi. Untuk mengurangi bahayanya biasanya dalam mencampurkan bumbu tersebut dicampurkan ketika mie instan sudah diangkat dari kompor.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi bahaya dari bumbu mie instan. Namun kebanyakan orang tidak mengetahuinya. Padahal jika kita mau membaca pada label kemasan mie instan juga sudah dianjurkan untuk mencampurkan bumbu setelah diangkat dari kompor.

Jika Anda jeli dan teliti, silahkan dilihat pada semua kemasan produk mie instan. Semuanya memberikan panduan dalam pencampuran bumbu ketika mie instan sudah ditiriskan atau sudah diangkat dari kompor. Oleh sebab itu, ikutilah petunjuk pemakaian setiap produk yang Anda beli. (pm/rumahkeluarga-indonesa)

Lainnya

Menag Akui Baha'i Sebagai Agama Baru di Indonesia

Pemerintah Indonesia sekarang menambah daftar agama baru yang secara resmi diakui. Setelah Islam, Kristen, Katholik, ..

Pak @Prabowo08 sdh #MoveOn dari peristiwa yg menyakitkan itu by @anismatta

Menjawab respons terhadap kultwit Anis Matta #mengapaPrabowo, begini kultwit penjelasan @anismatta.    ..

Silsilah Keluarga Prabowo Subianto

Selamat pagi sahabat, setujukah jika dalam memilih pemimpin bangsa ini kita harus menilai dari bibit, ..

Berita #IndonesiaTanpaJIL dari UIN SGD

01. Hari ini ada kejadian seru di UIN Sunan Gunung Djati (SGD), Bdg. Saya yakin ..

6 Penyakit Manula yang Kini Diderita Orang Muda

Kondisi tubuh yang relatif masih kuat membuat banyak orang muda tak begitu peduli dengan kesehatannya.

Para Ilmuwan Menemukan Antibodi Virus MERS

Para ilmuwan telah menemukan antibodi alami manusia untuk virus Sindrom Pernapasan Timur Tengah ..

Dari Ruang Angkasa, 'Tembok Besar Debu' China Begitu Terlihat

Negara China bagian utara terkenal dengan badai debu, yang bisa saja menutupi Beijing dalam kabut ..

Selengkapnya

Komentar

Tiga Cara Sehat Makan Mie Instan