Foto: smallbusiness.foxbusiness

Perlukah Memakai Kartu Kredit?

👤Oleh 🕔30/12/2013 06:36:35

Diantara pertanyaan yang sering ditujukan kepada saya adalah mengenai Kartu Kredit (KK). KK memang merupakan suatu fenomena unik, karena KK dapat merubah persepsi masyarakat tentang hutang; seseorang yang berhutang dulunya identik dengan orang miskin, tidak mapan, bermasalah secara financial dan berbagai pandangan negative lainnya maka dengan KK semua itu berubah. Dengan memiliki KK, seseorang justru dianggap lebih keren, modern, bisa dipercaya, bankable, memiliki penghasilan yang jelas, banyak uang, kaya dan berbagai pandangan positif lainnya.

KK memiliki beberapa fungsi, dan sesuai dengan namanya, fungsi utama KK adalah untuk mendapatkan kredit atau hutang. Hutang yang didapat melalui KK itu bisa berupa (1) uang tunai dari ATM, dan (2) bisa juga hutang dalam bentuk belanja. Selain itu, KK juga dapat digunakan untuk (3) memudahkan berbagai jenis pembayaran rutin seperti pembayaran listrik, telpon, air dan lain-lain. Dengan KK anda tidak perlu membayar tagihan rutin bulanan anda satu persatu setiap bulannya, - yang bisa dikenakan denda jika terlambat melakukan pembayaran karena lupa atau sebab lain, dengan KK anda cukup membayar semua itu melalui satu tagihan KK anda.

Saat anda memerlukan uang tunai di kota manapun anda berada, KK dapat anda gunakan untuk menarik uang tunai di ATM walaupun anda tidak memiliki saldo tabungan di bank manapun, tentu saja anda harus membayarnya di kemudian hari, karena ini merupakan hutang. Banyak orang tergoda dengan kemudahan ini, tetapi saya berpendapat bahwa menggunakan KK untuk menarik uang tunai adalah sesuatu yang wajib anda hindari dunia akhirat; pertamakarena tarik tunai di ATM dengan KK akan langsung dikenakan bunga harian, dan bunga atas pinjaman ini adalah tergolong riba, dan riba itu haram; kedua, karena bunga yang dikenakan atas tarik tunai di ATM sangat tinggi, umumnya sekitar 36% pertahun, banyak orang terjebak dengan bahasa iklan. Dalam iklan KK disebutkan bunga 3%, padahal yg dimaksud oleh perbankan adalah 3% perbulan alias 36% pertahun, padahal ketika anda mendepositokan uang di bank, anda cuma diberikan bunga sekitar 6% hingga 10% pertahun. Betapa besar spread/ selisih bunganya. Saya melihat ada kekurang transparan-an pihak bank, karena ketika perbankan mengiklankan kredit rumah, kredit mobil dan bunga deposito mereka mengiklankan bunga pertahun yang disingkat dengan p.a (per annum). Sedangkan untuk bunga KK mereka menggunakan bahasa bunga perbulan. Maka anda jangan terjebak dengan iklan yang menggiurkan ini. Sekali lagi, jika anda harus menggunakan KK, maka saran saya adalah jangan gunakan KK untuk tarik tunai.

KK juga berfungsi sebagai alat pembayaran berbelanja, dengan KK anda bisa berbelanja di manapun termasuk belanja on line dan belanja di luar negeri, terlepas apakah anda sedang membawa uang tunai atau tidak, apakah anda memiliki saldo uang di bank atau tidak, KK berfungsi seperti uang internasional atau sebagai alat pembayaran yang sangat universal karena berlaku di semua Negara. Tentu saja penggunaan ini hanya bisa dilakukan di merchant atau outlet yang modern dan memasang logo KK (Visa atau MasterCArd), anda tidak bisa gunakan untuk berbelanja di pedagang asongan.

Dengan KK anda juga tidak perlu membawa uang tunai yang merepotkan dan mungkin membahayakan keamanan diri anda, dengan KK anda merasa lebih aman. KK juga menjadikan keberadaan anda di luar negeri menjadi mudah, tanpa KK anda harus menukar uang anda dengan mata uang negara yang anda kunjungi, dengan KK anda tida harus menukar uang anda. Bayangkan jika anda akan berkeunjung ke beberapa Negara dan tidak memiliki KK. Karena fungsi inilah maka KK sangat bermanfaat bagi orang yang sering bepergian ke luar daerah apalagi ke luar negeri. Itulah beberapa manfaat KK yang menjadikan banyak orang tertarik untuk menggunakannya.

Selain itu KK juga memudahkan ketika anda berbelanja secara online, seperti pembelian peralatan rumah tangga, elektronik, tiket pesawat, tiket kereta, booking hotel dan lain-lain. Anda tidak perlu membayar ke bank, ATM atau datang ke perusahaan yang menjual produk yang anda beli, tetapi anda cukup menuliskan data-data KK dan kode verifikasi / password dari bank yang menerbitkan KK, password diatur sedemikian rupa untuk keamanan penggunaan KK ketika berbelanja secara online.

Ketika anda bertransaksi menggunakan KK, pada umumnya transaksi yang anda lakukan akan ditagih pada bulan berikutnya, jika anda membayar semua tagihan yang tertulis, maka anda tidak diwajibkan membayar bunga, apabila anda membayar sebagian saja, maka anda akan dikenakan bunga atas hutang/ transaksi anda, bahasa iklannya, “belanja sepuasnya dan membayar semampunya”, tapi anda harus sadar bahwa sisanya adalah hutang dan harus anda bayar plus bunga tinggi. Oleh sebab itulah, anda jangan melakukan transaksi atau belanja dengan KK kecuali sesuai dengan cadangan uang yang anda miliki, sehingga ketika tagihan itu jatuh tempo, anda mampu melunasi 100%, jangan sisakan tagihan anda, karena bunga adalah riba, dan riba itu haram hukumnya.

 

Jadi, perlu gak sih menggunakan KK??

Jawabannya adalah :

Jika anda seorang karyawan, yang jarang pergi ke luar daerah atau luar negeri, saya berpendapat sebaiknya anda tidak menggunakan KK agar anda tidak terjebak dengan iklan yang menggiurkan, jika anda ingin berbelanja, gunakanlah uang tunai, kartu debit atau ATM yang pada umumnya sudah berfungsi sebagai kartu debit. Saya menyarankan kepada karyawan untuk tidak menggunakan KK, karena KK sering mendorong seseorang untuk konsumtif melalui berbagai kemudahan dalam berbelanja, tinggal gesek saja. Jika anda tetap ingin menggunakan KK, maka aturlah sedemikian rupa agar anda tidak terkena bunga, dan tidak terkena bea tambahan atas penggunaan KK.

Jika anda karyawan yang sering bertugas ke luar daerah atau luar negeri, anda boleh menggunakan KK, tetapi jangan sekali-kali anda gunaan untuk tarik tunai di ATM, dan jika anda gunakan untuk transaksi, maka bertransaksi/belanjalah sesuai kemampuan bayar anda saat tagihan jatuh tempo, jangan sekali-kali membayar tagihan secara cicilan, lunasi semua tagihan anda agar tidak dikenakan bunga atas pembelanjaan anda.

Jika anda seorang wiraswasta, pedagang atau pengusaha, KK mungkin akan sangat bermanfaat bagi anda, asalkan anda bisa mengelola dengan tepat. Anda bisa berbelanja menggunakan KK, lalu barang itu anda jual, setelah terjual dan anda mendapatkan uang tunai, gunakanlah uang itu untuk membayar tagihan KK. Dengan kata lain, anda bisa mendapatkan pinjaman modal dengan mudah dan bebas bunga, jika anda bisa mengelola dengan baik, silahkan memiliki KK lebih dari satu agar pinjaman modal yang anda dapatkan menjadi besar.

Sebaiknya anda juga harus kelola KK agar anda tidak diwajibkan membayar iuran tahunan yang berkisar antara Rp 200.000 - 500.000 /tahun. Pada tahun pertama biasanya pengguna KK dibebaskan dari iuran tahunan, pada tahun ke 2 dan seterusnya bisa gratis iuran tahunan jika anda meminta kepada bank yang menerbitkan KK tersebut.

Sebagai penutup, bagi siapapun yang menggunakan KK, anda harus pandai (1) mengelola emosi untuk tidak menjadi konsumtif, (2) berbelanja sesuai kebutuhan dan kemampuan, (3) hindari tarik tunai di ATM, (4) jangan membayar tagihan secara cicilan, (5) jangan gunakan KK di merchant/ outlet yang mengenakan bea tambahan atau surcharge (biasanya sekitar 3% dari belanja anda), dan (6) mintalah keringanan kepada bank yang menerbitkan KK untuk gratis iuran tahunan.

Selamat berjuang menuju kebebasan finansial. (pm)

 

 

Lainnya

Di Sierra Leone, Menyembunyian Korban Ebola Adalah Kejahatan

Parlemen Sierra Leone telah menjadikan tindakan menyembunyikan korban Ebola sebagai satu kejahatan yang bisa dijatuhi ..

Republik Demokratik Kongo Mulai Terjangkit Ebola

Republik Demokratik Kongo (DRC), pada Ahad mengkonfirmasi dua kasus pertama Ebola.  ..

Ternyata Punya Tetangga Baik Bikin Jantung Makin Sehat

Anda bermasalah dengan tetangga? Sebaiknya Anda berhati-hati. Peneliti mengatakan ketidakcocokan dengan tetangga bisa menyebabkan serangan ..

Sedikitnya 1.229 orang Tewas Akibat Ebola di Afrika Barat

Kasus Ebola di Afrika Barat telah mencapai 2.240, termasuk 1.229 kasus kematian di empat negara ..

WHO: Krisis Ebola Terlalu Diremehkan

Menurut badan kesehatan dunia (WHO), skala epidemi Ebola di barat Afrika harus dianggap lebih serius ..

Amazon Terancam Kehilangan Spesies Ikan Raksasa

Ikan berukuran tiga meter yang dulu mendominasi sungai Amazon kini tidak bisa lagi ditemukan di ..

Duh, Pusat Karantina di Liberia Dijarah, Ebola Dikhawatirkan Meluas

Sejumlah warga menjarah pusat karantina penderita Ebola di Monrovia dan mengambil barang-barang termasuk seprei dan ..

Selengkapnya

Komentar

Perlukah Memakai Kartu Kredit?