Foto: tribunnews

Anas Menyatakan 'Perang' Terhadap SBY

👤Oleh Tim Redaksi Nabawia 🕔12/01/2014 19:27:56

Ucapan terima kasih dari tersangka kasus dugaan korupsi Anas Urbaningrum terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) adalah salah satu sinyal sindiran Anas yang tersembunyi. Demikian dikatakan Pakar Komunikasi Politik Universitas Indonesia, Effendi Gazali.

Menurutnya, tak hanya sekali ini saja Anas mengungkapkan sinyal sindiran  terkait permasalahan kasus yang menjeratnya saat ini. Sindiran ini sudah dimulai dari penulisan status BBMnya seperti 'politik para Sengkuni', 'nabok nyilih tangan', dan lain-lain.

"Sindiran Anas yang terakhir 'terima kasih untuk SBY'. Bukan sampai di situ, yang lebih dramatis adalah Anas menolak makanan dari KPK. Ini sebenarnya sinyal sindiran," kata Effendi di Jakarta Pusat, Minggu (12/1).

Effendi mengatakan dalam ilmu komunikasi politik sinyal itu menunjukkan Anas ingin mengungkapkan sesuatu yang ia ketahui dan diharapkan dapat ditangkap sinyal itu oleh masyarakat dan KPK. Meski demikian, Effendi berpendapat apapun yang diketahui Anas, tidak akan ia ungkap dallam waktu dekat.

Anas dalam hal ini dianggap sudah menyatakan 'perang' terhadap SBY yang juga merupakan Ketua Umum DPP Partai Demokrat. Akan tetapi, Anas memiliki kejelian dalam melihat waktu yang tepat.

"Dia menunggu waktu yang tepat. Selama menunggu, ia tak ingin didiamkan, Dalam konstelasi yang ada, menurut saya, Anas belum akan mengungkapkan karena belum cukup materinya," sambungnya.

Ia menilai Anas menunggu waktu yang tepat untuk membongkar semuanya. Itu iperkirakan. Terjadi saat Pemilu Legislatif dilaksanakan pada 9 April 2014 mendatang. Jika suara perolehan Partai Demokrat anjlok, maka di situ momen yang tepat bagi Anas untuk mengungkapkan sejumlah rahasia dalam kasus Hambalang.

"Misalnya pas Pileg, suara Demokrat anjlok. Itu bisa jadi momentum untuk Anas menyampaikan, dan saat itu ia berharap konstelasinya berbeda. Ini soal pembacaan waktu saja," tandas Effendi. (pm/jpnn)

 

 

 

Lainnya

Prabowo: Kita Rayakan Idul Fitri dengan Baik dan Damai

Pasangan capres-cawapres dari koalisi Merah Putih, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, resmi mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi ..

Prabowo Ajak Pendukungnya Lanjutkan Perjuangan

Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 1, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa ternyata tidak ikut mendaftarkan gugatan sengketa Pilpres ..

Pengamat: Keabsahan Presiden-Wapres Terpilih Tunggu Putusan MK

Pengamat hukum tata negara Margarito Kamis mengemukakan, keabsahan presiden dan wakil presiden terpilih masih akan ..

Tim Prabowo-Hatta Angkut Berkas dengan 15 Mobil Baja

Anggota tim hukum Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Habiburokhman mengatakan pihaknya akan mengangkut berkas-berkas bukti kecurangan hasil ..

MUI: Baha'i Agama Produk Manusia

Ketua Dewan Pimpinan MUI Pusat, KH. Muhyidin Djunaidi, menyatakan Baha'i adalah agama produk manusia dengan ..

Hari ini, Pemudik di Pantura Melonjak Tajam

Jumlah kendaraan pemudik yang melintasi jalur pantura mengalami peningkatan hingga  70% dibanding hari sebelumnya. Seperti ..

Astaga, Ada Ladang Ganda di Kawasan Taman Nasional Gunung Pangrango Bogor

Ladang ganja yang ditemukan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Bogor di Kampung Pasir Pogor, Tapos, Desa ..

Selengkapnya

Komentar

Anas Menyatakan 'Perang' Terhadap SBY